TOEFL Score Mencapai 500, Terpakaikah di Dunia Kerja?

TOEFL Score Mencapai 500, Terpakaikah di Dunia Kerja?

Mendapatkan TOEFL dengan skor 500 bisa dikatakan sudah hampir menguasai bahasa inggris sepenuhnya namun terpakaikah untuk dunia kerja? pertanyaan yang sering muncul ketika di era saat ini bagi orang yang mempunyai tujuan untuk menguasai bahasa inggris. Tentunya kebanyakan berharap bahwa dengan bekal bahasa asing yang dimiliki akan dapat berguna kelak khususnya dalam dunia kerja. Mungkin jika bekerja sebagai guru bahasa inggris tentunya akan sangat berguna score TOEFL 500 atau lebih namun dalam dunia kerja baik dalam perkantoran, pabrik, atau pemerintahan akan sangat variatif kegunaannya. Maksud dari variatif disini adalah kegunaannya bergantung dari posisi atau bidang pekerjaan yang ditekuni khususnya dalam lingkup kantor, pabrik dan pemerintahan. Untuk detailnya berikut bidang pekerjaan yang mensyaratkan score TOEFL 500 atau diatas 500.

1. Kedutaan

Bekerja di kedutaan besar tentu adalah impian yang cukup bergengsi bagi sebagian orang. Namun kenyatannya untuk masuk dan bekerja disana tidaklah mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi qualified dan salah satu persyaratan utamanya adalah mampu menguasai bahasa asing. TOEFL adalah salah satu indikator dan tolak ukur untuk mengidentifikasi kemampuan bahasa inggirs seseorang. dalam situs resminya di sini mencantumkan persyaratan level advance bahasa inggris dari segi speaking/reading/writing yang artinya skill tersebut ada di test TOEFL.

Jika memiliki test TOEFL diatas 500 sudah bisa dikatakan masuk ke level advance. Dan untuk persyaratan bahasa inggrs ini ada untuk semua posisi atau pekerjaan yang tersedia di embassy. Jadi lembaga ini tidak hanya mensyaratkan dapat berkomunikasi bahasa inggris dengan baik namun juga mensyaratkan semua scope dari skill bahasa inggris yang biasa di test di teofl.

2. Kementrian Luar Negeri

Untuk lembaga pemerintahan yang satu ini juga cukup ketat untuk bisa masuk dalam hal seleksi khususnya seleksi bahasa inggris. dalam situs resminya di https://kemlu.go.id/portal/id tepatnya pada saat pembukaan lowongan kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) setiap tahunnya selalu mensyaratkan sertifikat TOEFL dengan skor diatas 500. Hal ini juga berlaku untuk hampir semua posisi yang ditawarkan di kementrian luar negeri. Namun sama halnya dengan embassy, bukan hanya sekedar menyerahkan sertifikat TOEFL lalu langsung diakui lolos akan tetai mensyaratkan untuk melakukan test bahasa inggris kembali di lembaga tersebut secara langsung.

Jadi kedua lembaga ini memiliki tolak ukur masing masing saat test langsung bahasa inggris dalam menentukan kandidat yang kompeten. Tentunya hal ini belum termasuk test lainnya yang harus diikuti selain bahasa inggris. Jadi mendapatkan toefl diatas 500 sudah menjadi langka awal untuk bisa masuk lembaga ini.

3. Penerjemah

untuk bidang yang satu ini tentunya sangat mensyaratkan kecakapan dari 4 skill utama bahasa inggris yaitu speaking, listening, reading dan writting. Cara mengukur keempat skill tersebut tidak lain adalah menggunakan beberapa test dan salah satunya adalah TOEFL. Sebenarnya dalam hal test bahasa inggris ada beberapa jenis seperti TOEIC, TOEFL, IELTS, dan sebagainya namun untuk yang paling sering digunakan di indonesia sebagai tolak ukur adalah TOEFL. Kembali ke translator, sebenarnya peran translator bukan hanya sebagai orang yang mampu berkomunikasi akan tetapi dalam bidang translator sendiri ada beberapa bidang.

Menurut Jacobson seorang linguist asal Rusia penerjemah dibagi beberapa jenis yaitu penerjemahan intralingual, penerjemahan interlingual, penerjemahan intersemiotik. Dan untuk penerjemah bahasa inggris sendiri termasuk kategori interlingual karena terjemahan dilakukan dari 2 bahasa yang berbeda. Adapun pada umumnya yang sering diketahui dari segi fungsi penerjemah sendiri bisa sebagai penerjemah teks ataupun secara verbal.

Untuk hasil profesi penerjemah saat ini yang sering dijumpai adalah subtitle di sebuah film yang ditayangkan di tv ataupun di media lainnya tentunya itu merupakan hasil dari seorang penerjemah. Jadi jika berminat menjadi penerjemah bahasa inggris bisa mulai mengambil bimbingan dan test TOEFL dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *