Interview Bahasa Inggris, Apakah Susah?

Interview Bahasa Inggris, Apakah Susah?

Persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan memang semakin ketat apalagi jika mewajibkan bisa bahasa inggris dan mensyaratkan penggunaannya dalam interview. Hal ini akan bisa mudah jika pelamar sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup dalam penggunaan bahasa inggris. Namun bagi pelamar yang mungkin pengetahuannya masih di level beginner akan cukup sulit untuk bisa lolos karena belum terbiasa.

Pada saat interview harus bisa menjelaskan pertanyaan dalam bahsa inggris yang memerlukan pronounciation (pengucapan) dan grammar (tata bahasa). Jika kurang pengetahuan akan hal tersebut maka penginterview akan cukup kesulitan untuk mengerti penjelasan yang diberikan. Namun sebenarnya tingkat pesyaratan bahasa inggris saat interview tentunya berbeda-beda, maksudnya adalah ada beberapa perusahaan yang memang mensyaratkan interview bahasa inggris namun sebenernya tidaklah harus sempurna.

Dalam kasus ini selama bisa paham apa yang ditanyakan dan bisa menjelaskan dengan sederhana maka tidak masalah. Dan berikut cara yang bisa dipersiapkan hanya dalam 3 bulan untuk menghadapi interview bahasa inggris bagi level beginner.

1. Cari Teks Dialog Bahasa Inggris

Bagi yang merasa tidak terlalu mendalami bahasa inggris dan hanya sekedar tahu sedikit maka bisa mencoba cara ini sebagai persiapan interview. Hal ini jauh lebih menarik dibanding belajar grammar yang sering diajarkan saat sekolah. Lebih tepatnya belajar conversation lebih menarik karena memicu untuk mempraktekan secara langsung dan mencoba memahami makna dari teks dialog tersebut ketimbang belajar grammar yang identik dengan rumus.

Beberapa tempat bimbingan belajar ternama di Indonesia pasti menggunakan metode ini untuk mempercepat kemampuan conversation yang terdiri dari speaking (berbicara), reading (membaca), listeing (mendengarkan) dan writting (menulis). Karena pada saat dialog keempat skill tersebut dapat langsung di praktekan contohnya saat dalam conversation tentunya harus berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis untuk membuat dialog atau melihat struktur ebuah kalimat percakapan secara langsung.

Oleh karena itu coba cari sebanyak banyaknya teks dialog terutama dialog interview pekerjaan, praktekan dan pahami artinya maka dalam beberapa bulan jika konsisten maka akan terbiasa dan memperbaiki sesi interview

2. Dengarkan Percakapan Bahasa Inggris

Setelah mempraktekan dari dialog teks bahasa inggris yang dicari langkah selanjutnya adalah dengarkan banyak video percakapan bahasa inggris kalo bisa video percakapan interview. Mungkin ini akan terlihat dan terasa cukup membosankan karena harus menyimak dan memahami video tersebut.

Namun tanpa disadari telinga akan mulai beradaptasi dengan dialek native bahasa inggris sehingga tidak salah dalam mengartikan sebuah kalimat atau pertanyaan. Ini karena banyak dari orang yang mencoba memahami sebuah percakapan bahasa inggris namun tidak begitu paham karena adanya faktor seperti kecepatan berbicara yang terlalu cepat dan banyak kata yang memiliki pengucapan sendiri.

Oleh karena itu dengan sering mendengarkan percakapan maka akan membuat terbiasa menagkap makna suatu dialog dan tidak masalah lagi memahami dari segi pengucapan dan kecepatan berbicara. Jika dilakukan dengan konsisten dalam beberap bulan maka akan terbiasa dan cukup bisa memahami pertanyaan saat interview. Bahkan jika sudah mahir tidak perlu lagi subtitle saat menonton film holywood yang tentunya akan lebih lama lagi untuk tahap ini.

3. Persiapkan Jawaban

Maksud dari persipkan jawaban disini adalah mempersiapkan jawaban yang kiranya akan ditanyakan saat interview dan tentunya seputar bidang atau posisi yang dilamar. Jika bidang tentang mesin maka soba persiapkan jawaban tentang konteks tersebut lalu diartikan dalam bahasa inggris. Dengan hal ini akan banyak membantu saat interview karena setiap bidang memiliki konteks kosakata atau istilah yang berbeda dalam bahasa inggris.

Jika sudah memperkirakan jawabannya maka cobalah artikan lalu praktekan untuk menjawabnya karena akan membuat terbiasa saat pengucapannya dan dapat mengkoreksi jika pengucapan kata ada yang kurang tepat sehingga tidak menimbulkan salah paham. Lalu, bagaimana jika ada pertanyaan yang tidak dikira-kira akan muncul namun ada? jawabannya untuk pertanyaan ini adalah jika sudah melakukan secara konsisten tahap 1 dan 2 maka kemungkinan besar dapat menjawab spontan pertanyaan ini.

Caranya adalah coba untuk menjawab pertanyaan spontan ini dengan sesimple mungkin agar tidak berpeluang untuk salah dalam pengucapan atau penginterview kurang memahami jawaban yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *