Grammar, Apakah di pakai dalam Berbicara Bahasa Inggris?

Grammar, Apakah di pakai dalam Berbicara Bahasa Inggris?

Istilah Grammar tentunya cukup berkaitan erat dengan bahasa dan sering dikaitkan dengan penggunaan saat bicara bahasa inggris. Sejak sekolah yang pertama di pelajari dalam materi bahasa inggris adalah grammar atau aturan strktur kata. Layaknya sebuah pelajaran matematika , grammar ini memiliki rumus tersendiri dan bukan 1-10 rumus, ada lebih dari ratusan rumus yang ada di grammar bahasa inggris.

Dengan banyaknya rumus ini tentunya sangatlah sulit untuk menggunakan saat berbicara bahasa inggris apalagi dalam konteks komunikasi dengan orang asing yang mengharuskan respon yang cepat. Bisa dikatakan saat ujian pun ketika harus menulis sebuah paragraph panjang dengan bahasa inggris beberapa kali pasti menghapus kata-kata yang salah karena salah penggunaan grammar, apalagi saat berbicara yag harus tetap lanjut dan kecil kemungkinan untuk mengoreksi kembali. Hal ini memunculkan pertanyaa apakah grammar itu penting saat berbicara bahasa inggris?. Berikut ulasannya:

1. Pahami Level Bahasa Inggris

Hal pertama yang harus dilihat ketika ingin menjawab penting atau tidaknya grammar dalam bahasa inggris adalah mengetahui level bahasa inggris sendiri. Ini berkaitan dengan kondisi tertentu dimana harus atau mau tidak mau mengharuskan berbicara bahasa inggris. Contohnya seperti saat ketika sedang pergi ke sebuah tempat wisata lalu ada seorang turis yang bertanya tentunya dalam bahasa inggris, “excuse me, do you know where is the exit gate of this place?”.

Untuk menjawab pertanyaan spontan ini pertama harus tahu level atau kapabilitas bahasa inggris. Jika masih merasa dilevel beginner cukup menjawab dengan singkat dan yang terpenting turis tersebut mengerti maksud jawabannya. Karena jika terlalu memaksakan untuk mencoba menjawab dengan jawaban grammar akan sangat sulit untuk menjawabnya karena harus menyusun kalimat yang benar sesuai grammar apalagi mengingat level saat ini adalah masih beginner.

Mungkin beda kasus jika sudah merasa di level intermediate atau bahkan advance yang memungkinkan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan dapat dimengerti serta dengan grammar yag tepat. Oleh karena itu pahami level bahasa inggris terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan grammar ini. Lalu bagaimana cara mengetahui ada dimana level saya saat ini? Hal ini cukup dengan melihat seberapa pengalaman dalam komunikasi dengan orang asing atau dengan mengikuti test Toefl yang bisa memberikan hasil level bahasa inggris.

2. Pahami Konteks

Faktor kedua untuk menjawab pertanyaan judul artikel ini adalah Pahami konteks saat berbicara bahasa inggris. Sebagaimana saat bebicara menggunakan bahasa indonesia ada konteks harus berbicara formal dan ada konteks harus berbicara informal. Saat bicara formal tentunya penggunaan kata dan struktur kalimat sangatlah diperhatikan karena jika tidak dapat menimbulkan kesan yang kurang baik. Begitu juga ketika konteks nya adalah informal maka berbicara formal justru akan menimbulkan kesan yang tidak baik juga.

Oleh karena itu hal yang harus dilakukan adalah pahami konteks saat berbicara baik itu menggunakan bahasa inggris. Penggunaan grammar secara benar dalam bahasa inggris digunakan saat kondisi atau situasi yang formal contohnya ketika sedang membawakan sebuah acara berita atau menghadiri event kenegaraan, pernikahan di tempat berkelas, menjadi penerjemah dan bisa juga saat interview pekerjaan. Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk berbicara menggunakan grammar yang benar secara 100%. Namun banyak yang bisa melakukannya meskipun bahasa inggris bukan bahasa native nya.

Contohnya adalah Jack ma yang sangat fasih berbicara bahasa inggris meskipu kebanyakan orang tiongkok tidak bisa berbahasa inggris. Dia pernah memberikan satu tips disebuah acara tentang kemampuannya berbahasa inggris diperoleh karena dia suka bahasa inggris dan sering mempraktekannya dengan orang asing. Oleh karena itu semua haruslah dilatih dan kamu bisa mempraktekannya sendiri dengan mencerikan event sehari-hari menggunakan bahasa inggris. Mengambil salah satu kutipan Drew Badger, Nomor #1 English Fluency Guide dan the co-founder of EnglishAnyone.com, mengatakan “belajarlah dari native speaker dan kamu akan seperti mereka (native)”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *