Pekerjaan yang Menguntungkan saat Pandemi Corona

Pekerjaan yang Menguntungkan saat Pandemi Corona

Banyak bidang pekerjaan yang tutup akibat pandemi corona mulai dari tingkat perusahaan besar hingga perusahaan kecil karena tidak menguntungkan saat corona. Hal ini membuat banyak orang khawatir baik pengusaha maupun karyawan. Beberapa bidang yang tidak menguntungkan akibat pandemi corona ini adalah bidang yang tidak bisa dikerjakan dirumah untuk waktu yang lama.

Tentunya sudah bisa menebak bidang apa saja yang tidak bisa dikerjakan dirumah, bidang tersebut adalah Travel, Hotel, Aviation, Retail, Transportation, Automotive and Real Estate. Hal ini dikutip dari Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) yang mengatakan ada hampir 90% penjualan tiket yang dibatalkan dimulai dari tanggal 12 Maret 2020.

Namun ternyata ada beberapa bidang yang meraup keuntungan pada saat pandemi ini berlangsung. Mungkin kamu bisa menjadikan referensi untuk melamar ke bidang ini. Berikut Bidang yang malah mendaatkan keuntungan saat Covid-19

1. Gaya Hidup Sehat

Mungkin ini bisa jadi sebuah pertanyaan apakah gaya hidup sehat adalah sebuah bidang. Untuk lebih detailnya hal ini bisa diartikan sebagai layanan atau fitur yang berkaitan dengan gaya hidup sehat. Di China permintaan untuk peralatan fitness meningkat cukup tajam begitu juga dengan aplikasi program olahraga dirumah yang menjadi download terbanyak dalam beberapa bulan terakhir. Total peningkatan download aplikasi ini bahkan mencapai 513 persen dibulan februari.

Hal ini berkaitan memang pada bulan januari ke februari china sedang gencarnya melakukan lockdown sehingga banyak warganya yang melakukan aktifitas dirumah. Tentunya menjaga kesehatan dengan program latihan dirumah adalah opsi yang aman saat lockdown. Bidang ini bisa dicoba atau mungkin dikembangkan sebagai hot prospek pekerjaan yang bisa dilakukan saat Pandemi. Mengingat untuk Covid-19 mungkin bisa berlangsung cukup lama karena WHO sendiri mengatakan virus ini tidak akan pernah hilang dari dunia ini.

2. Pasar Online

Seiring dengan adanya kebijakan untuk melakukan pembatasan kegiatan secara normal yang dilakukan di banyak negara seperti lock down dan di indonesia adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), banyak memberikan pengaruh terhadap kondisi perekonomian khususnya pasar ataupun retail. Lock down dan PSBB memberikan ruang gerak yang sempit untuk memungkinkan pasar berkembang seperti sebelum masa pandemi. Meskipun dibeberapa negara dan salah satunya Indonesia masih memperbolehkan untuk warganya membeli kebutuhan pokok, sebagian besar tidak melakukan kesempatan tersebut.

Banyak dari mereka yang takut untuk keluar rumah karena isu di media mengenai penyebaran covid-19 sangatlah cepat. Ternyata hal ini membuat market online sangat ramai dan diminati sebagai opsi yang lebih aman. Di China pengguna delivery online meingkat tajam khususnya delivery makanan, menurut Meituan salah satu perusahaan terbesar delivery makanan di China. Sedangkan di Indonesia juga terjadi hal serupa lebih tepatnya di marketplace shopping online. Menurut Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) adanya kenaikan pesanan barang yang terjadi di industri e-commerce saat pandemi cvid-19. Hal ini sangatlah mungkin terjadi mengingat sangatlah berkaitan antara kekhawatiran masyarakan untuk keluar rumah dan memilih opsi yang lebih aman.

3. Belajar Online

Dampak corona terhadap dunia pendidikan sangatlah besar. Tidak hanya kegiatan ekonomi yang terganggu namun juga kegiatan pendidikan banyak yang terhenti. Akibatnya sekolah banyak yang tidak beroperasi karena menghimbau muridnya untuk tidak ke sekolah dalam waktu yang tidak ditentukan. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar para siswa hanya diberikan tugas lalu dikumpulkan melalui email bahkan untuk ujian beberapa sekolah melakukan ujian online. Banyak orang tua yang berfikir untuk membuat anaknya tetap aktif belajar selain mengandalkan tugas yang diberikan sekolah yaitu dengan mendaftarkan anaknya ke online edukasi. Fenomena pandemi ini ternyata memberikan dampak keuntungan bagi penyedia situs belajar online. Di china menurut reset dari sensor tower layanan penyedia belajar online mengalami peningkatan yang drastis selama masa pandemi berlangsung.

Kekayaan bagi pemilih layanan belajar online inipun turut meningkat drastis seperti dikabarkan Zhang Bangxin co founder dari penyedia layanan TAL Education meningkat kekayaannya hingga $ 1.7 milyar bahkan menyalip kekayaan Robin Li co founder dari Baidu. Di indonesia sendiri kebutuhan akan aplikasi belajar online juga meningkat drastis. Salah satunya adalah aplikasi Ruang Guru yang menjadi sangat populer di playstore karena banyak yg download saat pandemi.

Bahkan, dengan adanya pandemi ini aplikasi ruang guru dikabarkan memberi layanan sekolah online gratis. Sekolah online gratis ini tidak dipungut biaya sama sekali dan dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching menurut Belva founder ruang guru dalam konferensi pers di Jakarta. Mungkin ada yang berminat menjadi pengajar diruang guru atau mungkin ingin mengembangkan aplikasi serupa, hal ini bisa dicoba mengingat keuntungan yang besar pada masa pandemi dan dikabarkan kegiatan sekolah belum diketahui kapan mulai kembali.

4. Game Online

Kebijakan Lock down di beberapa negara membuat banyak warga menghabiskan banyak waktunya dirumah. Di indonesia meskipun tidak melakukan lock down tapi mengambil kebijakan PSBB yang juga membuat banyak warganya menghabiskan banyak waktu dirumah. Dengan kondisi seperti ini membuat aplikasi game online juga merasakan imbas keuntungannya karena kebanyakan masyarakan mencoba untuk menghilangkan kejenuhan dengan bermain game online.

Menurut Verizon salah satu perusahan telekomunikasi terbesar di dunia menyatakan bahwa persentase pengguna gim online selama pandemi yang menyebabkan Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan. Verizon mencatat pengguna video game meningkat 75 persen selama jam sibuk. Mungkin ini bisa menjadi salah satu peluang bagi kamu yang ingin memulai usaha sebagai salah satu pembuat game online. Meskipun tidaklah mudah jika memang baru mengenal dengan programming aplikasi mobile dan harus belajar terlebih dahulu. Namun saat ini banyak penyedia jasa kursus untuk programming dan kebanyakan diikuti oleh usia para pekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *