Bahasa Inggris Di Tahun 2020-2021

Bahasa Inggris Di Tahun 2020-2021

10-15 tahun lalu sebelum 2020 banyak orang yang berfikir bahwa bahasa inggris hanya berlaku di sekolah saja dan setelah selesai sekolah maka selesai juga sebagaimana sebuah jam pelajaran. Karena pada tahun tersebut penggunaan bahasa inggris dulu dibanding era sekarang tidak terlalu signifikan atau tidak memasuki semua bidang profesi tertentu. Mungkin kalo jaman dulu yang sering mensyaratkan bisa berbahasa inggris adalah guru bahasa inggris, tour guide, perhotelan dan profesi bisnis di level tertentu seperti manager atau direktur.

Namun, di era sekarang peran bahasa inggris sudah sangat signifikan dan hampir semua bidang pekerjaan mensyaratkan bisa berbahasa inggris. Salah satu contohnya yang paling nyata adalah ketika mencari pekerjaan di job street untuk bidang bekerja di pabrik atau perkantoran hampir semuanya menerangkan persyaratn bisa bahasa inggris minimal level intermediate. Lalu apakah jika tidak bisa berbahasa inggris berarti tidak akan diterima?.

Jawabannya adalah tentu bisa diterima meskipun tidak bisa berbahasa inggris karena mungkin bidang tersebut membutuhkan keahlian utama seperti IT ataupun teknik. Akan tetapi, peluang untuk bisa menaikan karir atau menjadi posisi yang lebih tinggi dikemudian hari cukup kecil. Karena selain harus ahli dibidangnya seseorang yang tersebut harus pandai berkomunikasi khususnya dengan menguasai bahasa Inggris.

Contohnya ketika ada pemilik perusahaan tersebut datang dan pemiliknya adalah orang asing mengingat sebagian besar perusahaan di indonesia adalah di dominasi oleh pihak asing, maka pemilik atau direktur tersebut memerlukan seseorang yang bisa melaporkan semua perkembangan perusahaan yang tentunya dalam bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Masih banyak contoh lainnya tentang pentingnya peran bahasa dalam dunia pekerjaan dan berikut contohnya:

1. Interview

Sebagian besar orang yang mencari pekerjaan pasti akan mengalami yang namanya interview. Tentunya ketika mendapat panggilan untuk interview di sebuah perusahaan adalah sebuah kesenangan karena kesempatan untuk bekerja sedikit terbuka. Akan tetapi disisi lain ada rasa khawatir tentang apakah interview yang akan dilakukan berjalan lancar atau sebaliknya. Terlebih lagi jika pada saat interview ditanya perihal seberapa jauh kamu menguasai bahasa inggris? mungkin pada saat ditanya pertanyaan ini kamu akan menjawab “lumayan” atau “cukup mengerti tentang bahasa inggris”.

Karena dengan jawaban tersebut adalah jawabn yang bagus untuk memuaskan orang yang meng interview dan meyakinkan bahwa kandidat adalah orang yang berkompeten selain dalam keahliannya. Akan tetapi, bagaimana jika sang penginterview menanyakan lebih lanjut tentang “bisa kamu ceritakan tentang dirimu dalam bahasa inggris” atau “apakah bisa saya menggunakan bahasa inggris untuk pertanyaan selanjutnya”?.

Mungkin kalo orang yang memang bisa pasti akan menjawab bahasa inggris dengan mudah. Tetapi bagaimana jika memang tidak bisa berbahasa inggris, memang ada 2 opsi pada saat seperti ini yang pertama adalah bilang jika tidak bisa memperkenalkan diri dalam bahasa inggris dengan resiko respon yang kurang memuaskan dari penginterview atau mencoba menjawab dengan bahasa inggris tapi asal asalan yang menimbulkan kesan yang kurang baik dan akan dinilai dengan respon yang buruk juga. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan akan mempertimbangkan kemampuan bahasa asing anda dan juga mempengaruhi apakah bisa diterima atau tidaknya.

Oleh karena itu sebelum hal ini terjadi khususnya bagi yang masih muda dan ingin memliki karir yang cemerlang agar supaya melatih kemampuan bahasa inggris mulai dari sekarang. Banyak lembaga yang menyediakan pelatihan bahasa inggris dengan variasi harga namun tentunya cepat tidaknya menguasai bahasa inggris tergantung dari tingkat kemauan yang dimiliki.

2. Bekerja diperusahaan Global

Bagi yang memiliki mimpi untuk bekerja di perusahaan global atau perusahaan yang dimiliki oleh orang asing atau bisa juga perusahaan yang dimiliki orang indonesia namun memiliki cabang atau koneksi diluar negri maka bahasa inggris adalah syarat wajibnya. Mengapa? karena diperusahan seperti ini banyak aspek yang berhubungan dengan bahasa inggris meskipun pekerjaan utama yang diemban bukanlah dibindang komunikasi. Contohnya dibindang finance nya, pasti meskipun tidak mensyaratkan berbicara bahasa inggris namun dokumen yang di handle pastilah berbahasa inggris.

Banyak istilah istilah bahasa inggris yang digunakan bukan hanya dari dokumen saja tapi dari tools, arsip dan bahkan pastilah untuk mengirim laporang melalui email menggunakan kebanyakan pake bahasa inggris pada umumnya. Mungkin bisa memastikannya pada teman atau tetangga yang pernah bekerja diperusahaan multinasional karena pengalaman dari penulis sendiri beberapa kali bekerja di perusahaan asing dan memang hal serupa terjadi.

Pada kasus ini memang tidak menyarankan untuk ahli dalam bahasa inggris karena dalam bahasa inggris itu sendiri ada tingkatannya. Ada level beginner, intermediate dan advance. Cukup di level intermediate baru bisa dikatakan mumpuni untuk bisa bekerja diperusahan multinasional.

3. Karir

Ini adalah tujuan hampir semua orang yang bekerja di perusahaan swasta maupun luar negeri. Tidak dapat dipungkiri ketika memiliki kemampuan komunikasi yang maka akan dilihat lebih cemerlang dibanding dengan yang lainnya. Ahli dibidang yang ditekuni saja memanglah tidak cukup untuk mendapatkan karir yang lebih baik kedepannya atau naik level. Hal tersebut sudah banya terjadi didalam lingkungan pekerjaan yang mana orang yang bisa berkomunikasi dengan baik akan lebih berkesempatan memperoleh karir yang baik.

Sebagaimana contoh yang sering dilihat di hampir semua perusahaan baik itu pabrik, kantor ataupun institusi pemerintahan pasti seorang manager, direktur atau kepala bagian adalah orang yang memiliki skill publik speaking yang baik. Dengan kemampuan tersebut ia dapat memiliki jiwa kepemimpinan ditambah lagi di era global ini hampir semuanya pada posisi tersebut mampu berbahasa inggris. Bagaimana mungkin orang yang ahli dalam suatu bidang namun tidak terampil dalam berbicara terutama bahasa inggris di era ini dapat menjadi seorang pimpinan.

Tentunya sangatlah kecil kemungkinannya. Bisa dilihat salah satu figure pemimpin yang memiliki komunikasi yang baik adalah Jack Ma. Dia seorang chinese asal tiongkok yang dapat berbicara bahasa inggris dan akhirnya sukses padahal di tiongkok sangat sedikit warganya yang berbicara bahasa inggris. Kebanyakan dari mereka sangat nasionalis dan enggan mempelajari bahasa asing. Namun Jack Ma melihat peluang ini sebagai cara mengembangkan bisnisnya dengan kemampuan menghandle para investornya untuk tetap berinvestasi bahakan mencari investor yang baru.

Tentunya kemampuan menghandle tersebut menggunakan bahasa inggris karena kebanyak investor berasal dari asing yang salah satunya adalah soft bank. Bahkan di era digital seperti saat ini yang mana hampir semua tools dan komunikasi digital menggunakan kata -kata bahasa inggris. Dari hal seperti tools nya saja sudah bahasa inggris itu artinya para pekerja di era ini hampir semua bisa berbahasa inggris meskipun tidak di level advance. Disinilah harus melihat peluang yang sangat besar jika ingin berkarir di era ini betapa kemampuan bahasa menjadi satu langkah maju untuk meraih karir yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *