PHK Corona, 5 Cara Terbukti Dapat Kerja Kembali

PHK Corona, 5 Cara Terbukti Dapat Kerja Kembali

Setidaknya hingga saat ini ada ada lebih dari 3 juta orang yang di PHK dan dirumahkan akibat pandemi corona menurut Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Tidak hanya Indonesia dampaknya juga terjadi di seluruh dunia dan salah satu negara paling parah adalah Amerika. Bahkan menurut Golman Sach, perusahaan global investasi ternama di US pada tanggal 31 Maret 2020 ada sekitar 19,8 juta orang akan di PHK hingga bulan july 2020. Meski demikian banyak cara yang masih bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan kembali saat pandemi.

1. Pahami Keadaan Sekitar

Hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah memikirkan segala kemungkinan yang terjadi terutama pada saat pandemi seperti ini. Keadaan ini bukanlah semata-mata karena melakukan kesalahan yang berakibat pemecetan. Melainkan karena perusahaan yang seharusnya bisa membayar karyawan namun tidak terealisasi karena hampir seluruh aktifitas ekonomi terganggu.

Oleh karena itu, ini beda kasus dengan pemecatan yang semata-mata karena bekerja dengan performa buruk atau melakukan kesalahan yang fatal hingga berakibat PHK. Hal yang perlu digaris bawahi adalah terganggunya aktifitas ekonomi tidaklah selamanya atau jangka waktu yang panjang namun pemerintah pasti sudah memikirkan cara agar ekonomi tetap berjalan dalam kurun waktu yang tidak lama agar siklus ekonomi tetap berjalan. Jadi, hal yang bisa dilakukan adalah menjalin komunikasi yang update dengan perusahaan sehingga jika suatu saat aktifitas ekonomi sudah normal kembali maka kesempatan untuk bekerja kembali bisa sangat terbuka.

2. Koneksi Saat Pandemi

Ketika mendengar kata koneksi kemungkinan yang terlintas adalah tidak ada pandemi juga sudah pernah kearah ini namun hampir semua di php atau senasib belum dapat kerja. Hal yang perlu diingat adalah saat ini kondisi berbeda dengan keadaan sebelum pandemi. Ini adalah kondisi terpuruk massal yang mana hampir semua orang kena dampaknya dan mungkin koneksi kita juga mengalami hal yang sama. Dengan menjalin koneksi baik itu dari sekolah, kampus atau rekan kerja di perusahaan lama bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan. Kenapa? karena wabah ini menghilangkan banyak pekerjaan di berbagai sektor dan akan berpeluang besar akan ada pembukaan lapangan pekerjaan secara massive karena roda ekonomi haruslah tetap berputar.

Dengan menjalin banyak koneksi memungkinkan untuk mengetahui informasi valid pembukaan loker secara massive tanpa harus keluar rumah saat pandemi. Inilah keuntunganya Dari banyaknya koneksi yang dijalin dan meminimalisir aktifitas diluar untuk cari kerjaan karena kamu tinggal memilah informasi yang potensi untuk dapat kerja lalu mendatangi tempat tersebut.

3. Sites

Sebagian orang mungkin sudah tau tentang sites atau alat yang digunakan untuk mencari kerja pada era saat ini. Jobstreet,JobDV, Linkedin, headhunter dan sebagainya. Memang tools tersebut sangatlah efektif dan efisien untuk mencari pekerjaan baik saat sebelum pandemi ataupun saat pandemi seperti sekarang. Dan sudah pastinya tools ini yang akan digunakan untuk mencari pekerjaandan menjadi opsi utama. Namun tau kah ada beberapa sites yang bisa memberikan pekerjaan selain tools pencari kerja diatas. Berbeda dengan tools pencari kerja, ini adalah untuk freelencer.

Jadi sites seperti Fiverr, Upwork, Toptal, Simplyhired, Peopleperhour dan sebagainya bisa menjadi opsi yang efektif untuk mendapatkan pekerjaan saat pandemi mengingat pembukaan lapangan pekerjaan juga masih bertahap walaupun pasti akan ada pembukaan loker secara massive. Jadi, dengan sites ini kamu bisa mencocokan skill yang dibutuhkan dan hal yang perlu diingat adalah proses mendapatkan pekerjaan sebagai freelencer lebih cepat prosesnya. Salah satu opsi yang tepat untuk kondisi pandemi bukan.

4. Idea

Pernah berfikir bahwa kondisi saat pandemi membuka mata akan sesuatu yang bisa saja terjadi lagi suatu saat nanti. Mungkin beberapa minggu atau bulan kedepan pekerjaan bisa didapatkan kembali namun apakah tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi dimana kehilangan pekerjaan dapat terjadi lagi. Kehilangan pekerjaan yang bisa diakibatkan bukan hanya karena adanya pandemi namun bisa saja terjadi karena faktor lain.

Misalanya kecelakaan, performa kerja yang buruk, lingkungan kerja yang tidak nyaman atau masih banyak lainnya yang mana hal itu bisa saja terjadi dan pernah dialami banyak orang. Idea bisa menjadi opsi yang dipakai jika kondisi tersebut terjadi. Idea adalah proses menemukan pilihan baru atau solusi baru untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi. Dalam kasus ini Idea yang bisa dipakai adalah menjadi madiri seperti berwirausaha atau memiliki bisnis sampingan yang bisa menunjang pendapatan. Banyak kisah inspiratif yang berawal dari pemecatan kemudian bangkit dan menjadi seorang pengusaha sukses salah satunya yang cukup popular didunia adalah Steve Job.

Dipecat oleh perusahaannya sendiri tidak membuatnya berhenti atau mencari pekerjaan melainkan bangkit dengan mendirikan perusahaan baru “Next” hingga sukses mengambil alih perusahaan yang sudah memecatnya yaitu “Apple”. Jadi ini bisa jadi opsi dimasa depan atau bisa juga saat ini jika ingin segera memulainya.

5. Kembalikan padanya

Semua hal yang sudah dilakukan pasti ada yang berhasil ataupun gagal. Mungkin tidak banyak penjelasan untuk cara ke 5 ini karena cara ini bukanlah cara yang bisa diukur menggunakan logika melainkan menggunakan perasaan spiritual. Istilah yang juga sangat populer bisa jadi pengingat dan sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa manusia hanya bisa berusaha dan tuhan yang menentukan. Jadi mintalah dan percayalah padanya tuhan yang maha kuasa akan selalu ada bagi hambanya yang meminta.

One thought on “PHK Corona, 5 Cara Terbukti Dapat Kerja Kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *